ZMedia Purwodadi

Kumpulan Dzikir dan Doa Setelah Sholat Sesuai Hadits

Daftar Isi

Berdoa setelah shalat dianjurkan dalam islam. Sebab pada saat itu termasuk ke dalam salah satu waktu mustajab, yakni waktu dimana doa insyallah akan dikabulkan oleh Allah SWT.

Adapun doa yang dipanjatkan boleh dengan doa apa saja sesuai dengan hajat kita kepada Allah SWT. Namun lebih utama, doa yang dibaca adalah doa yang redaksinya dicontohkan oleh Rasulullah.

Adapun di antara dzikir dan doa yang dibaca sesuai sholat berdasarkan hadits adalah sebagai berikut:

1. Istighfar

أَسْتَغْفِرُ اللّه (٣)

Astaghfirullah (3x)

Artinya, "aku memohon ampun kepada Allah".

2. Allahumma antassalam

اللَّهمَّ أنتَ السَّلامُ وَمِنكَ السَّلامُ، تَبَارَكْتَ يَا ذَا الجَلَالِ والإِكْرامِ

Allahumma antassalam wa minkassalaam tabaarakta yaa dzal jalaali wal ikram.

Artinya, “Ya Allah, Engkau adalah Dzat yang mempunyai kesejahteraan, dari-Mu kesejahteraan itu, Engkaulah yang berkuasa memberi berkah yang banyak wahai Dzat yang memiliki keagungan dan kemuliaan." (HR Muslim)

3. Laailaha illallah

لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ علَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ، اللَّهُمَّ لَا مَانِعَ لِمَا أعْطَيْتَ، ولَا مُعْطِيَ لِمَا مَنَعْتَ، ولَا يَنْفَعُ ذَا الجَدِّ مِنْكَ الجَدُّ

Laa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu, wahuwa ala kulli syai-in qodiir. Allahumma laa mani'a limaa a'thoita, wa laa mu'thia limaa mana'ta, wa laa yanfa'u dzal jaddi minkal jaddi.

Artinya: “Tidak ada tuhan selain Allah, Allah Maha Esa tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Ya Allah, tiada yang bisa mencegah terhadap apa yang telah engkau beri. Dan tidak ada yang bisa memberi terhadap apa yang kau cegah. Dan tidak bermanfaat orang yang memiliki kedudukan karena kedudukan itu berasal dari-Mu.” (HR. Bukhari)

4. Lailhaha illallah

لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وَحْدَهُ لا شَرِيكَ لَهُ، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ عَلَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ، لا حَوْلَ وَلَا قُوَّةَ إلَّا باللَّهِ، لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ، وَلَا نَعْبُدُ إلَّا إيَّاهُ، لَهُ النِّعْمَةُ وَلَهُ الفَضْلُ، وَلَهُ الثَّنَاءُ الحَسَنُ، لا إلَهَ إلَّا اللَّهُ مُخْلِصِينَ لَهُ الدِّينَ ولو كَرِهَ الكَافِرُونَ

Laa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu, wahuwa ala kulli syai-in qodiir. Laa haula walaa quwwata illa billah. Laa ilaaha illallah wa laa na'budu illa iyyahu. Lahun ni'matu wa lahul fadlu wa lahus tsanaa-ul hasanu, laa ilaaha illallahu mukhlishiina lahuddiina walau karihal kaafiruun.

Artinya: “Tidak ada tuhan selain Allah, Allah Maha Esa tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu. Tidak ada daya dan kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah. Tidak ada tuhan selain Allah. Kita tidak menyembah kecuali pada-Nya. Bagi-Nya seluruh nikmat, keutamaan, dan pujian yang baik. Tiada tuhan kecuali Allah, ikhlas beragama kerena-Nya, meskipun orang-orang kafir tidak menyukainya”. (HR. Muslim)

5. Tasbih, Tahmid, dan Takbir

سُبْحَانَ اللَّهِ (٣٣×) اَلحَمْدُ لِلَّه (٣٣×) اَللَّهُ أكْبَرُ (٣٣×)

Subhanallah (33x) Alhamdulillah (33x) Allahuakbar (33x)

Artinya, "Maha Suci Allah. Segala puji hanya bagi Allah. Allah Maha Besar."

6. Lailaha illallah wahdahu La syarika lah

لَا إلَهَ إلَّا اللَّهُ وحْدَهُ لا شَرِيكَ لَه، لَهُ المُلْكُ وَلَهُ الحَمْدُ وَهُوَ علَى كُلِّ شَيءٍ قَدِيرٌ

Laa ilaaha illallah wahdahu laa syarikalah, lahul mulku walahul hamdu, wahuwa ala kulli syai-in qodiir.

Artinya: “Tidak ada tuhan selain Allah, Allah Maha Esa tidak ada sekutu bagi-Nya, milik-Nya segala kekuasaan dan bagi-Nya segala pujian. Dia Maha Kuasa atas segala sesuatu.(HR. Muslim)

7. Doa Mohon Perlindungan dari Sifat Kikir, Pengecut, Usia Hina, Fitnah Dunia, dan Siksa Kubur

اللَّهُمَّ إنِّي أعُوذُ بكَ مِنَ البُخْلِ، وأَعُوذُ بكَ مِنَ الجُبْنِ، وأَعُوذُ بكَ أنْ أُرَدَّ إلى أرْذَلِ العُمُرِ، وأَعُوذُ بكَ مِن فِتْنَةِ الدُّنْيَا، وأَعُوذُ بكَ مِن عَذَابِ القَبْرِ

Allahumma inni a'uudzubika minal bukhli, wa a'udzubika minal jubni, wa a'uudzubika an urodda ila ardzalil 'umri, wa a'uudzubika min fitnatid dunia, wa a'uudzubika min adzaabil qobri.

Ya Allah, sesungguhnya aku berlindung kepada-Mu dari kikir, dan aku berlindung kepada-Mu dari sifat pengecut, dan aku berlindung kepada-Mu dari dikembalikan pada usia yang plaing hina, dan aku berlindung kepada-Mu dari fitnah dunia, dan aku berlindung kepada-Mu dari siksa kubur. (HR. Bukhari)

Kumpulan doa

8. Doa Memohon senantiasa Berdzikir dan Bersyukur

اللَّهُمَّ أَعِنِّي عَلَى ذِكْرِكَ وشُكْرِكَ وحُسْنِ عِبَادَتِكَ

Allahumma a'inii 'ala dzikrika wa syukrika wa husni 'ibaadatika.

Artinya, "Ya Allah, tolonglah aku untuk senantiasa mengingat-Mu, bersyukur kepada-Mu, dan beribadah kepada-My dengan sebaik-baiknya".

9. Doa Memohon dilindungi dari Siksa

رَبِّ قِنِي عَذَابَكَ يَومَ تَبْعَثُ عِبَادَكَ

Rabbi qinii adzaabaka yauma tab'atsu 'ibaadaka.

Artinya: “Ya Allah, lindungilah aku dari siksa-Mu pada hari saat Engkau bangkitkan para hamba-Mu.” (HR. Muslim)

10. Doa Memohon Ampunan Dosa

اللَّهُمَّ اغفِرْ لِي مَا قَدَّمْتُ وَمَا أخَّرتُ وَمَا أَسْرَرتُ وَمَا أَعْلَنتُ وإسرافي وَمَا أَنْتَ أعلَمُ بِهِ مِنِّي أَنْتَ المُقَدِّمُ وأَنْتَ المؤَخِّرُ لَا إِلَهَ إلَّا أَنْتَ

Allahummaghfir lii maa qoddamtu wa maa akhortu wa maa asrortu wa maa alantu wa isroofii wa maa anta a'lamu bihi minni. Antal muqaddimu wa antal mu-akhhiru laa ilaaha illa anta.

Artinya, "Ya Allah, ampunilah dosa-dosaku yang terdahulu, dosa-dosaku yang kemudian, dosa-dosaku yang kusembunyikan, dosa-dosaku yang kulahirkan, dosa berlebih-lebihanku, dan semua dosa yang Engkau lebih mengetahui dariku. Engkau adalah Tuhan Yang mendahulukan dan Engkau adalah Tuhan Yang mengakhirkan, tidak ada Tuhan selain Engkau." (HR Ahmad)

11. Doa Memohon Ilmu Bermanfaat

اللَّهُمَّ إنِّي أسْألُكَ عِلمًا نَافِعًا وَرِزْقًا طيِّبًا وَعَمَلًا مُتَقَبَّلًا

Allahumma inni as-aluka 'ilman naafi'an wa rizqan thoyyiban wa 'amalan mutaqabbalan.

Artinya, "Ya Allah, sesungguhnya aku memohon ilmu yang bermanfaat dan rejeki yang baik dan amal yang diterima," (HR. Ibnu Majah)

Itulah beberapa doa yang dibaca setelah melaksanakan sholat. Doa-doa tersebut merupakan doa-doa yang bersumber dari hadits.